Posted on Leave a comment

Diagnosa dan Pengobatan Tinitus

Diagnosa

Dokter Anda biasanya akan mendiagnosis Anda dengan tinnitus berdasarkan gejala Anda saja. Tetapi untuk mengobati gejala Anda, dokter Anda juga akan mencoba mengidentifikasi apakah tinitus Anda disebabkan oleh kondisi lain yang mendasarinya. Terkadang penyebabnya tidak dapat ditemukan.

Untuk membantu mengidentifikasi penyebab tinnitus Anda, dokter Anda kemungkinan akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan memeriksa telinga, kepala, dan leher Anda. Tes umum meliputi:

  • Pemeriksaan pendengaran (audiologis). Selama pengujian, Anda akan duduk di ruangan kedap suara dengan mengenakan earphone yang mengirimkan suara tertentu ke satu telinga pada satu waktu. Anda akan menunjukkan kapan Anda dapat mendengar suara tersebut, dan hasilnya akan dibandingkan dengan hasil yang dianggap normal untuk usia Anda. Ini dapat membantu menyingkirkan atau mengidentifikasi kemungkinan penyebab tinnitus.
  • Gerakan. Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk menggerakkan mata, mengatupkan rahang, atau menggerakkan leher, lengan, dan kaki Anda. Jika tinnitus Anda berubah atau memburuk, ini dapat membantu mengidentifikasi gangguan mendasar yang memerlukan perawatan.
  • Tes pencitraan. Tergantung pada penyebab yang dicurigai dari tinnitus Anda, Anda mungkin memerlukan tes pencitraan seperti CT scan atau MRI .
  • Tes laboratorium. Dokter Anda mungkin mengambil darah untuk memeriksa anemia, masalah tiroid, penyakit jantung atau kekurangan vitamin.

Lakukan yang terbaik untuk menjelaskan kepada dokter jenis suara tinnitus yang Anda dengar. Suara yang Anda dengar dapat membantu dokter Anda mengidentifikasi kemungkinan penyebab yang mendasarinya.

  • Mengklik. Jenis suara ini menunjukkan bahwa kontraksi otot di dalam dan di sekitar telinga Anda mungkin menjadi penyebab tinnitus Anda.
  • Berdenyut, bergegas atau bersenandung. Suara-suara ini biasanya berasal dari penyebab pembuluh darah (vaskular), seperti tekanan darah tinggi, dan Anda mungkin menyadarinya saat berolahraga atau mengubah posisi, seperti saat Anda berbaring atau berdiri.
  • Dering bernada rendah. Jenis suara ini mungkin menunjukkan penyumbatan saluran telinga, penyakit Meniere atau tulang telinga bagian dalam yang kaku (otosklerosis).
  • Dering bernada tinggi. Ini adalah suara tinnitus yang paling sering terdengar. Kemungkinan penyebabnya termasuk paparan suara keras, gangguan pendengaran, atau obat-obatan. Neuroma akustik dapat menyebabkan dering terus menerus dan bernada tinggi di satu telinga.

Pengobatan

Perawatan untuk tinnitus tergantung pada apakah tinnitus Anda disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya. Jika demikian, dokter Anda mungkin dapat mengurangi gejala Anda dengan mengobati penyebab yang mendasarinya. Contohnya meliputi:

  • Penghapusan kotoran telinga. Menghilangkan penyumbatan kotoran telinga dapat mengurangi gejala tinnitus.
  • Mengobati kondisi pembuluh darah. Kondisi pembuluh darah yang mendasari mungkin memerlukan pengobatan, pembedahan, atau perawatan lain untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Alat bantu Dengar. Jika tinnitus Anda disebabkan oleh gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan atau terkait usia, menggunakan alat bantu dengar dapat membantu memperbaiki gejala Anda.
  • Mengubah obat Anda. Jika obat yang Anda minum tampaknya menjadi penyebab tinnitus, dokter Anda mungkin menyarankan untuk menghentikan atau mengurangi obat, atau beralih ke obat lain.

Peredam kebisingan

Sering kali, tinnitus tidak dapat disembuhkan. Tetapi ada perawatan yang dapat membantu membuat gejala Anda kurang terlihat. Dokter Anda mungkin menyarankan menggunakan perangkat elektronik untuk menekan kebisingan. Perangkat termasuk:

  • Mesin derau putih. Perangkat ini, yang menghasilkan suara yang mirip dengan suara statis, atau suara lingkungan seperti hujan yang turun atau gelombang laut, seringkali merupakan pengobatan yang efektif untuk tinnitus. Anda mungkin ingin mencoba mesin white noise dengan speaker bantal untuk membantu Anda tidur. Kipas angin, pelembab udara, penurun kelembapan, dan AC di kamar tidur juga menghasilkan white noise dan dapat membantu mengurangi tinnitus di malam hari.
  • Perangkat penyamaran. Dikenakan di telinga dan mirip dengan alat bantu dengar, perangkat ini menghasilkan white noise tingkat rendah terus menerus yang menekan gejala tinnitus.

Penyuluhan

Pilihan pengobatan perilaku bertujuan untuk membantu Anda hidup dengan tinnitus dengan membantu Anda mengubah cara Anda berpikir dan merasakan gejala Anda. Seiring waktu, tinnitus Anda mungkin tidak terlalu mengganggu Anda. Pilihan konseling meliputi:

  • Terapi pelatihan ulang tinnitus (TRT). TRT adalah program individual yang biasanya dikelola oleh audiolog atau di pusat perawatan tinnitus. TRT menggabungkan penyembunyian suara dan konseling dari seorang profesional terlatih. Biasanya, Anda memakai perangkat di telinga Anda yang membantu menutupi gejala tinnitus Anda saat Anda juga menerima konseling direktif. Seiring waktu, TRT dapat membantu Anda mengurangi tinnitus dan merasa tidak terlalu tertekan dengan gejala Anda.
  • Terapi perilaku kognitif (CBT) atau bentuk konseling lainnya. Seorang profesional kesehatan mental atau psikolog berlisensi dapat membantu Anda mempelajari teknik koping untuk membuat gejala tinnitus tidak terlalu mengganggu. Konseling juga dapat membantu mengatasi masalah lain yang sering dikaitkan dengan tinitus, termasuk kecemasan dan depresi. Banyak profesional kesehatan mental menawarkan CBT untuk tinnitus dalam sesi individu atau kelompok, dan program CBT juga tersedia secara online.

Obat-obatan

Obat-obatan tidak dapat menyembuhkan tinnitus, tetapi dalam beberapa kasus mereka dapat membantu mengurangi keparahan gejala atau komplikasi. Untuk membantu meringankan gejala Anda, dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk mengobati kondisi yang mendasarinya atau untuk membantu mengobati kecemasan dan depresi yang sering menyertai tinnitus.

Perawatan potensial di masa depan

Para peneliti sedang menyelidiki apakah stimulasi magnetik atau listrik otak dapat membantu meringankan gejala tinnitus. Contohnya termasuk stimulasi magnetik transkranial (TMS) dan stimulasi otak dalam.

Pusat Alat Bantu Dengar AQM HEARING CENTER

 

Dapatkan beragam alat bantu dengar berkualitas nomor 1 hanya di AQM Hearing Center. Kami menyediakan alat bantu untuk para penderita gangguan pendengaran supaya dapat kembali lagi meraksakan nikmatnya bisa mendengar. Selain alat bantu dengar, kami juga menyediakan sparepart seperti baterai dan service. AQM sebagai tempat jual alat bantu dengar maka jika anda atau anak anda membutuhkan alat bantu dengar, AQM Hearing Center bersedia membantu anda untuk mendapatkan alat bantu dengar, anda dapat datang langsung ke Klinik Pendengaran AQM Hearing Center yang berada di Konserta Co-Working Space, Jl. Ir. H. Juanda No. 43 Depok. Klinik Pendengaran AQM Hearing Center menyediakan berbagai layanan yang dapat menjadi solusi masalah pendengaran anda salah satunya yaitu penjualan alat bantu dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *