Penyedia Jasa Logistik Pihak Keempat dan Perbadingannya

Penyedia layanan logistik pihak keempat, atau 4PL, mewakili tingkat manajemen rantai pasokan yang lebih tinggi bagi pelanggan. 4PL memberi kliennya pandangan “menara kendali” dari rantai pasokan mereka, mengawasi campuran gudang, perusahaan pelayaran, perusahaan pengiriman barang dan agen.

Tujuannya adalah untuk menjadikan 4PL bertindak sebagai perantara tunggal antara semua aspek rantai pasokan dan organisasi klien. Firma konsultan, Accenture, pada awalnya mempercayai istilah ini pada pertengahan 1990-an, tetapi sejak itu telah digunakan secara umum.

Dalam beberapa kasus, 4PL dapat ditetapkan sebagai usaha patungan atau kontrak jangka panjang antara klien utama dan banyak mitra, seringkali untuk mengelola logistik untuk lokasi atau lini bisnis tertentu. Struktur 4PL dapat bervariasi, karena mungkin ada komponen 4PL dalam hubungan 3PL yang lebih besar. 4PL adalah bentuk outsourcing proses bisnis, mirip dengan mengontrakkan sumber daya manusia atau fungsi keuangan.

Apa Perbedaan Antara Logistik 3PL dan 4PL?

Sewa truk Surabaya

Sewa truk Surabaya

Biasanya, 4PL tidak memiliki aset transportasi atau gudang. Alih-alih, ia mengoordinasi aspek-aspek rantai pasokan dengan vendor. 4PL dapat mengoordinasikan kegiatan 3PL lain yang menangani berbagai aspek rantai pasokan. Fungsi 4PL pada level integrasi dan optimasi, sedangkan 3PL mungkin lebih fokus pada operasi sehari-hari. 4PL juga dapat dikenal sebagai mitra logistik yang utama.

Keuntungan utama dari hubungan 4PL adalah bahwa itu adalah hubungan strategis yang berfokus pada penyediaan tingkat layanan tertinggi untuk nilai terbaik, sebagai lawan dari 3PL yang mungkin lebih berfokus pada transaksi. 4PL menyediakan satu titik kontak untuk rantai pasokan Anda. Jika dengan 3PL, mungkin ada beberapa aspek yang masih harus Anda kelola. 4PL harus mengambil alih proses tersebut untuk Anda, bertindak sebagai perantara untuk 3PL, operator, vendor gudang, dan peserta lain dalam rantai pasokan Anda.

Keterkaitan

meerima pesanan

Hubungan 4PL menyederhanakan dan merampingkan fungsi logistik menggunakan teknologi untuk visibilitas yang lebih besar dan memaksakan disiplin operasional di banyak mitra dan pemasok. Perusahaan dapat fokus pada kompetensi intinya dan mengandalkan mitra 4PL untuk mengelola fungsi rantai pasokan untuk nilai maksimum. Pada dasarnya, 4PL bertindak sebagai perusahaan jika fungsi rantai pasokan dikelola sendiri. Ketika perusahaan mentransisikan model rantai pasokan mereka untuk meneruskan penyebaran atau distribusi terdesentralisasi, mitra 4PL dapat melangkah dan mengelola kompleksitas itu. Pengecer, khususnya, beralih ke model yang lebih gesit untuk mendukung layanan e-commerce.

4PL dapat mengelola jumlah sumber daya berlipat ganda yang diperlukan untuk bersaing di tingkat itu. Masa-masa bisnis konvensional yang kuno mungkin sudah berakhir, karena perusahaan memilih ruang gudang bersama di dekat pusat pelanggan utama untuk mempercepat daya tanggap. 4PL dapat mengelola hubungan tersebut, serta mengoptimalkan jaringan untuk menggunakan operator parcel atau kurir untuk mendukung e-commerce, bukan sekadar layanan muatan truk. Keuntungan Logistik Pihak Keempat Memilih 3PL vs 4PL dapat menjadi keputusan rumit yang tergantung pada kompleksitas rantai pasokan Anda dan tujuan strategis perusahaan Anda.

bagaimana dengan 3PL?

Hubungan 3PL bekerja dengan baik ketika organisasi memiliki strategi rantai pasokan yang solid, berkinerja tinggi, dan membutuhkan dukungan untuk melaksanakan rencana tersebut. Bekerja dengan 3PL biasanya membutuhkan komitmen dan pengawasan manajemen internal tingkat tinggi untuk memastikan kinerja memenuhi standar Anda. Namun, banyak keputusan sehari-hari berada di luar kendali Anda saat Anda mengandalkan penyedia yang dipilih oleh 3PL untuk memenuhi komitmen layanan Anda. 3PL berbasis aset mungkin terlalu fokus pada memastikan bahwa asetnya sendiri sepenuhnya digunakan dengan mengorbankan tingkat yang lebih rendah atau layanan yang lebih baik dari penyedia lain.

4PL berbasis non-aset bersifat agnostik dalam memilih pemasok, berkonsentrasi mencari kombinasi nilai dan layanan terbaik. Biasanya, 4PL akan memiliki penawaran teknologi terintegrasi yang memberikan tingkat visibilitas yang tinggi ke dalam rantai pasokan untuk analisis taktis dan strategis. Tentu saja, sumber daya internal masih diperlukan untuk mengelola kinerja 4PL, tetapi seharusnya tingkat pengawasannya lebih tinggi daripada 3PL.

ALK logistik sebagain penyedia jasa layanan logistik dan pengiriman barang yang berpusat di kota surabaya, tentu saja dapat menjadi partner 3PL atau 4PL yang terpercaya sekaligus dapat diandalkan. Hal ini karena pengalaman dan pengetahuan kami dalam memberikan pelayaan ekspedisi kepada beragam industri dengan baik akan memberikan keuntungan tersendiri. Ditambah dengan berbagai jenis kendaraan yang dapat menampung muatan kecil atau besar, akan sangat membantu anda dalam memilih jasa layanan pengiriman barang anda sesuai dengan kebutuhan anda.