Posted on Leave a comment

Apa itu tekanan darah tinggi?

Petugas Kesehatan Mengukur Tekanan Darah Pasien Menggunakan Sphygmomanometer

Pembuluh darah yang sempit, juga dikenal sebagai arteri, menciptakan lebih banyak resistensi untuk aliran darah. Semakin sempit arteri Anda, semakin banyak resistensi yang ada, dan semakin tinggi tekanan darah Anda. Dalam jangka panjang, peningkatan tekanan dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung.

Hipertensi cukup umum. Faktanya, sejak pedoman berubah pada tahun 2017, hampir setengah dari orang dewasa Amerika sekarang dapat didiagnosis dengan kondisi ini.

Hipertensi biasanya berkembang selama beberapa tahun. Biasanya, Anda tidak melihat gejala apa pun. Tetapi bahkan tanpa gejala, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ tubuh Anda, terutama otak, jantung, mata, dan ginjal.

Deteksi dini itu penting. Pembacaan tekanan darah secara teratur dapat membantu Anda dan dokter Anda melihat adanya perubahan. Jika tekanan darah Anda meningkat, dokter Anda mungkin meminta Anda memeriksa tekanan darah Anda selama beberapa minggu untuk melihat apakah jumlahnya tetap tinggi atau turun kembali ke tingkat normal.

Pengobatan untuk hipertensi termasuk obat resep dan perubahan gaya hidup sehat. Jika kondisi ini tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk serangan jantung dan stroke.

Bagaimana memahami pembacaan tekanan darah tinggi

Dua angka membuat pembacaan tekanan darah . Tekanan sistolik (angka atas) menunjukkan tekanan di arteri Anda saat jantung Anda berdetak dan memompa darah. Tekanan diastolik (angka bawah) adalah pembacaan tekanan di arteri Anda di antara detak jantung Anda.

Lima kategori menentukan pembacaan tekanan darah untuk orang dewasa:

  • Sehat: Pembacaan tekanan darah yang sehat adalah kurang dari 120/80 milimeter merkuri (mm Hg).
  • Peningkatan: Angka sistolik antara 120 dan 129 mm Hg, dan angka diastolik kurang dari 80 mm Hg. Dokter biasanya tidak mengobati tekanan darah tinggi dengan obat-obatan. Sebagai gantinya, dokter Anda mungkin mendorong perubahan gaya hidup untuk membantu menurunkan angka Anda.
  • Tahap 1 hipertensi: Angka sistolik antara 130 dan 139 mm Hg, atau angka diastolik antara 80 dan 89 mm Hg.
  • Tahap 2 hipertensi: Angka sistolik 140 mm Hg atau lebih tinggi, atau angka diastolik 90 mm Hg atau lebih tinggi.
  • Krisis hipertensi: Angka sistolik lebih dari 180 mm Hg, atau angka diastolik lebih dari 120 mm Hg. Tekanan darah dalam kisaran ini membutuhkan perhatian medis yang mendesak. Jika ada gejala seperti nyeri dada, sakit kepala, sesak napas, atau perubahan visual terjadi saat tekanan darah setinggi ini, perawatan medis di ruang gawat darurat diperlukan.

Pembacaan tekanan darah dilakukan dengan manset tekanan. Untuk pembacaan yang akurat, penting bagi Anda untuk memiliki manset yang pas. Manset yang tidak pas dapat memberikan pembacaan yang tidak akurat.

Jika kamu sedang mencari alat untuk tes tekanan darah atau tensimeter kamu bisa mendapatkannya di Distributor Alat Kesehatan AGM Medica. AGM medica juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang terbaru dan berkualitas, jika kamu sedang mencari alat kesehatan di Morotai kamu bisa mendapatkannya di Distributor Alat Kesehatan Morotai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *