Posted on Leave a comment

Apa itu mata uang digital?

Apa itu mata uang digital

Uang yang kita gunakan akan digital. Di sini, kami melihat berbagai jenis mata uang digital yang tersedia, dan apa yang membedakannya.

Hampir semua hal saat ini memiliki padanan digital, dan mata uang tidak terkecuali. Nol dan satu mampu mewakili dan mentransmisikan kekayaan dengan cara yang tidak dapat disaingi oleh metode tradisional.

Mata uang digital cepat, ringan, dan semakin nyaman. Tetapi apa yang akan terjadi di masa depan untuk bentuk mata uang ini, dan apakah kemungkinan akan menggantikan varietas yang lebih tradisional?

Apa definisi mata uang digital?

Mata uang digital adalah jenis uang yang hanya tersedia dalam bentuk digital. Ini mungkin disimpan dalam database terpusat, atau pada buku besar atau blockchain yang terdesentralisasi.

Jadi, apakah mata uang digital dan cryptocurrency sama? Tidak terlalu. Cryptocurrency hanyalah salah satu jenis mata uang digital. Meskipun Anda memerlukan teknologi digital untuk membuat mata uang kripto yang dapat diterapkan, Anda tidak memerlukan kriptografi untuk membuat mata uang yang hanya ada secara digital.

 

Jenis mata uang digital

Mata uang digital dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori. Sebenarnya, ada sedikit tumpang tindih di antara mereka – tetapi jika Anda dapat memahami ketiganya, maka Anda hampir sepenuhnya memahami cara kerja mata uang digital.

Mata uang virtual

Istilah ‘mata uang virtual’ muncul pada tahun 2012 ketika UE mendefinisikannya. Ini pada dasarnya adalah uang yang dikeluarkan oleh organisasi swasta untuk penggunaan tertentu secara online. Mata uang virtual dapat ditutup atau dibuka.

Mata uang virtual tertutup dibatasi untuk sistem tertentu, seperti uang yang mungkin Anda belanjakan dalam permainan role-playing online, seperti emas di World of Warcraft. Mata uang terbuka dapat ditukar dengan mata uang lain di luar platform tertentu. Cryptocurrency akan disertakan di sini.

Mata uang digital bank sentral

Bank sentral suatu negara dapat memilih untuk membuat mata uang digitalnya sendiri untuk melengkapi atau mengganti mata uang fiat yang ada (uang yang dikeluarkan pemerintah tradisional). Ini disebut Mata Uang Digital Bank Sentral, atau CBDC. Kami telah membahas ini secara rinci dalam langkah terbuka kami tentang Mata Uang Digital Bank Sentral: Sebuah revolusi dalam uang dan blockchain oleh UCL.

Bank of England sedang mempertimbangkan untuk menyiapkannya, tetapi sangat ingin kami tidak menyebutnya ‘Britcoin’, karena kedengarannya terlalu mirip dengan Bitcoin. Sementara nilai aset kripto seperti Bitcoin secara inheren tidak stabil (artinya nilainya dapat berubah secara dramatis dengan cara yang sulit diprediksi), CBDC akan memiliki keuntungan karena lebih dapat diandalkan.

Akibatnya, Anda mungkin benar-benar dapat menggunakannya sebagai penyimpan nilai, dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan sterling. Faktanya, dalam kasus CBDC yang diusulkan di Inggris, nilai mata uang sebenarnya akan terikat dengan nilai sterling. Akibatnya, uang tunai di saku Anda akan selalu bernilai sama dengan padanan digitalnya.

Bagaimana cara kerja CBDC?

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana ini berbeda dari uang tunai yang sudah Anda simpan secara digital di rekening bank Anda. Nah, Bank of England sudah memproduksi mata uang digital dalam bentuk cadangan. Tetapi ini hanya dapat diakses oleh bank-bank kelas atas dan organisasi keuangan.

Uang di akun Anda saat ini sebenarnya bukan uang digital sama sekali — melainkan IOU mewah yang telah ditulis oleh bank kepada Anda. Ini membawa risiko. Bagaimana jika bank tidak dapat membayar hutang ketika Anda pergi untuk mengambil uang Anda?

Perbedaan utama yang diperkenalkan CBDC adalah bahwa setiap unit uang tunai yang disimpan dengan cara ini akan diberi kode pengenal yang unik. Jadi bank tidak lagi dapat mengatakan “kami berhutang satu pon”; sebaliknya, mereka akan mengatakan “kami berutang pound khusus ini “.

CBDC adalah bentuk mata uang fiat, yang tidak didukung oleh emas atau komoditas fisik lainnya, tetapi oleh otoritas penerbit. Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kebangkitan mata uang, fiat, dan digital , dapat melihat langkah terbuka penjelasan kami oleh University of Michigan.

mata uang kripto

Mata uang ‘crypto’ adalah mata uang yang menggunakan buku besar terenkripsi. Daripada mengandalkan otoritas pusat untuk mengamankan transaksi, pengguna crypto lebih memilih algoritma matematika. Cara kerjanya membutuhkan waktu untuk memahaminya, tetapi itu sepadan dengan usaha, karena hal ini mungkin mewakili masa depan perdagangan.

Cryptocurrency ditentukan oleh kriptografi — enkripsi yang digunakan untuk membuat mata uang — daripada sifat digitalnya. Koin pertama dari jenis ini adalah Bitcoin, tetapi banyak koin lainnya telah muncul (sebagian besar telah runtuh).

Apa itu cryptocurrency ? langkah terbuka memberikan gambaran umum tentang bitcoin dan mata uang terkait lainnya. Jika Anda ingin pemahaman yang lebih luas tentang subjek, dan tentang apa sebenarnya berbagai altcoin, maka Beyond Bitcoin Teach-Out kami dari University of Michigan adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Ada juga dua langkah terbuka dari kursus yang mungkin ingin Anda perhatikan, yaitu: Cara Membeli dan Menjual Cryptocurrency dan Lanskap Cryptocurrency .

Bitcoin adalah tempat yang baik untuk mulai belajar tentang kripto, karena banyak alternatif berbagi setidaknya beberapa fitur dari kripto yang asli. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang itu dari University of Michigan di video kami di bawah ini. Ini diambil dari Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Blockchain Diimplementasikan? langkah terbuka.

Bagaimana dengan NFT?

Mata uang seperti Bitcoin adalah token yang sepadan. Ini berarti bahwa setiap bitcoin sama dengan bitcoin lainnya. Mereka tidak menjadi bingung dengan Token Non-sepadan, atau NFT, yang dapat digunakan untuk membuktikan kepemilikan aset tertentu, seperti karya seni. Kami telah menulis tentang NFT dan cara kerjanya , jadi periksalah jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut.

Apa itu Blockchain?

Blockchain adalah teknologi yang terkenal memungkinkan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya untuk beroperasi. Tapi ini hanya salah satu penggunaan teknologi.

Blockchain adalah bentuk buku besar atau database terdistribusi. Setiap kali ada perubahan pada buku besar, seperti saat Anda mengirim uang dari satu pihak ke pihak lain, perubahan tersebut harus diverifikasi oleh banyak pihak, untuk mencegah gangguan. Ketika semuanya diverifikasi, perubahan dicatat dalam blok, yang ditambahkan ke ujung rantainya.

Buku besar didistribusikan ke banyak pengguna dan diperiksa secara teratur untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki versi yang sama. Ini secara efektif berarti bahwa transaksi yang kami catat di buku besar tidak dapat diubah.

Penggunaan cryptocurrency

Jadi, mengapa sebenarnya ada begitu banyak kegembiraan dan kekhawatiran di dunia cryptocurrency?

Menghasilkan banyak uang

Ada banyak alasan praktis mengapa kita lebih memilih cryptocurrency daripada jenis mata uang lainnya. Namun demikian, kita tidak boleh mengabaikan faktor penarik utama: uang.

Nilai crypto telah melihat beberapa puncak dan palung dramatis dalam beberapa tahun terakhir, yang mendorong minat. Jurnalis, YouTuber, dan blogger dapat yakin bahwa berita utama tentang harga Bitcoin yang melonjak melewati £60.000 akan menghasilkan klik. Tentu saja, budaya demam emas ini tidak berarti bahwa cryptocurrency tidak terlalu berguna.

Resistensi sensor

Karena kepemilikan Anda atas koin kripto Anda dijamin melalui matematika, tidak mungkin pemerintah dapat merebutnya. Jika Anda membuat musuh di tempat tinggi, Anda dapat yakin bahwa crypto Anda tidak akan disita.

Anonimitas

Jenis cryptocurrency tertentu dirancang dengan mempertimbangkan privasi. Bank Anda tidak akan dapat melihat siapa yang Anda bayar dan oleh siapa Anda dibayar. Sekali lagi, ini dikatakan untuk memberdayakan warga.

Transfer berbiaya rendah

Mengirim uang melintasi perbatasan pada dasarnya mahal. Anda harus melalui proses birokrasi yang berlarut-larut. Cryptocurrency yang tepat akan menghilangkan ini.

Keuntungan mata uang digital

Jadi, mengapa kita lebih memilih mata uang digital daripada mata uang tradisional dan fisik? Ada beberapa manfaat yang layak untuk direnungkan, banyak di antaranya signifikan. Mari kita jalankan melalui mereka.

tidak bisa dihancurkan

Seperti yang mungkin sudah Anda dengar, merusak atau menghancurkan uang Anda adalah tindakan ilegal. Tetapi dalam kasus mata uang digital, ini tidak akan menjadi masalah. Kami akan dapat menyingkirkan semua mesin mahal yang mencetak uang, dan kami tidak perlu mengumpulkan catatan yang terlihat seperti telinga anjing kecil — kami hanya dapat mengutak-atik program komputer dan mencapai tujuan yang sama. .

Menawarkan lebih banyak keamanan

Uang tunai dapat dicuri dengan mudah. Meskipun hal yang sama berlaku untuk mata uang digital, sifat pencuriannya sedikit berbeda. Tidak ada ancaman kekerasan fisik yang menggantung di atas kepala kasir yang sebenarnya tidak memiliki banyak uang tunai di kasir.

Lebih sedikit perantara

Ketika Anda membayar untuk sesuatu, transaksi tersebut sebenarnya difasilitasi oleh sejumlah besar pihak ketiga, yang semuanya akan berusaha untuk membebankan suatu bentuk sewa ekonomi. Ketika Anda dapat membayar penjaga toko secara langsung, biaya semuanya akan ditekan. Prinsip ini bergema di seluruh sektor keuangan, di mana biaya tersembunyi dan biaya pemrosesan tersebar luas.

Lebih cepat

Karena transaksi dapat dilakukan secara langsung antar orang, transaksi dapat dilakukan lebih cepat. Bahkan, mereka bahkan mungkin seketika. Tidak perlu lagi menunggu mesin kartu mengeluarkan tanda terima ketika Anda datang untuk melunasi tagihan restoran Anda.

Kekurangan mata uang digital

Ada beberapa kelemahan yang jelas dari sakelar ini. Beberapa di antaranya praktis, yang lain sedikit lebih filosofis dan dystopian.

Kurangnya privasi

CBDC memiliki potensi untuk memungkinkan setiap pon yang Anda habiskan untuk dipantau dari jarak jauh. Ini akan meningkatkan pengawasan massal beberapa tingkat, secara halus. Di antara pendukung paling keras untuk perubahan ini adalah pembuat kebijakan Partai Komunis di China.

Tanpa uang tunai

Meskipun tidak ada rencana segera untuk menghilangkan uang tunai sepenuhnya, pergeseran ke arah itu mungkin membuka beberapa pintu yang meresahkan. Apa yang menghentikan lembaga pemerintah, atau perusahaan asuransi, untuk mengendalikan apa yang dapat Anda gunakan untuk membelanjakan uang Anda, dan di mana? Jawabannya mungkin segera: tidak banyak.

Peningkatan peretasan

Mata uang digital terpusat menghadirkan target peretas yang tidak bermoral. Jika penyerang berhasil masuk ke HSBC atau Natwest dan menghentikan mereka dari operasi, maka itu buruk — tetapi tidak seburuk penyerang masuk ke bank sentral dan menghentikan seluruh sistem.

Aksesibilitas teknologi

Mata uang digital hanya akan layak jika dapat diakses secara luas. Sepertinya Anda benar-benar membutuhkan smartphone untuk membayar belanjaan. Dan bagaimana jika Anda mencoba membeli bahan makanan tersebut di area dengan data seluler yang buruk, dan tidak ada 5G?

Pikiran terakhir

Munculnya mata uang digital, seperti mobil tanpa pengemudi dan film Marvel berikutnya, hampir tak terelakkan. Ini mungkin membuat hidup lebih murah, lebih mudah dan lebih nyaman — tetapi juga akan menghadirkan tantangan teknis dan etika yang harus dipenuhi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *